Selasa, 25 Januari 2011

Busana Pengantin Sambas yang Dimodifikasi

WARTA WEDDING - Sambas adalah salah satu suku yang berada di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Dan seiring perkembangan zaman, bahasa suku Sambas banyak menyerap bahasa Indonesia. Pengaruh yang juga terlihat ke busana pengantinnya. Berikut busana pengantin Sambas yang telah dimodifikasi dan bisa dijadikan referensi kelak untuk Anda yang ingin menikah dengan momen pakaian adat asal Kalimantan Barat ini.

Busana pengantin Sambas menerapkan warna kuning keemasan dengan sentuhan warna hijau pupus. Konon, kedua warna ini merupakan warna khas Kasultanan Sambas pada tempo dulu.

Busana pengantin wanita Sambas pada umumnya berbentuk baju kurung dikenakan bersama-sama dengan kain songket Sambas. Baju kurung dihiasi kain sulam teratai beruntaikan manik-manik di dada. Busana ini dikenakan bersama-sama dengan kain songket Sambas dengan motif-motif terbuat dari benang keemasan, yang pada umumnya memiliki nilai budaya dan religius bermakna mulia.

Perhiasan pengantin Sambas dipengaruhi oleh karakter karya budaya Melayu yang cukup kuat maupun etnik Betawi, yakni kembang goyang dan rumbai disertai untaian melati sebagai karya modifikasi yang menggambarkan akulturasi atau pengaruh dari beberapa budaya.

Sementara busana pengantin pria pun mengadopsi perkembangan budaya dari luar. Memadukan busana jas dengan kemeja berkerah tinggi untuk menampilkan kesan terkini. Hiasan sulam, bordir keemasan serta lapisan kain tenun Sambas menandakan akar budaya masih tetap terjaga. (jek/*dwc)

1 komentar:

  1. mantap sekali.... menambah wawasan tentang adat pernikahan indonesia... thzaskkk

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails
 

HOME | Copyright © 2009 WARTA WEDDING All Rights Reserved
Designed by REDAKSI | on Jalan Kalibaru Barat, RT 004/RW 15, No. 41, Kota Baru, Bekasi Barat. Telepon : 021-68818686, 95818686, 081510868686, Email : wartawedding@yahoo.com